Subscribe to Zinmag Tribune
Subscribe to Zinmag Tribune
Subscribe to Zinmag Tribune by mail

KONSEPSI - KONSEPTUAL

Wednesday, July 01, 2009 Diposkan oleh D.Z. SANDYARTO Bejo


MAKSUD DAN TUJUAN


Maksud:
Mewadahi dan mengorganisir siapa saja yang mencintai dan mengerti akan arti keberadaan Slank dan Slank Fans Club Malang.

Tujuan:
  • Sebagai wadah ber-kreatifitas
  • Sebagai wadah pembelajaran organisasi
  • Meningkatkan SDM anggota
  • Membentuk generasi muda yang mandiri
  • Menyukseskan konser Slank secara terorganisir
.........................................................................................................................................

SEKRETARIAT

Slank Fans Club Malang (SFCM)
Jl. Ranakah 12-14, Badut Permai - Tidar
Malang – Jawa Timur 65146
(0341) 583 943

.........................................................................................................................................

LAMBANG/LOGO/STAMPEL dan KTA












.........................................................................................................................................


KEANGGOTAAN
Bagi yang ingin menjadi anggota SFC Malang dapat mendaftar ke Sekretariat atau perwakilan SFCM. Dengan syarat pendaftaran:
  • Mengisi blanko/formulir pendaftaran
  • Biaya administrasi sebesar Rp. 10.000,- (sepuluh ribu rupiah)
  • Menyerahkan fotocopy identitas (KTP/SIM) serta foto 2x3 (dapat berupa file jpg).
.........................................................................................................................................

KTA









  • Historis KTA

Pada awal diresmikan, anggota SFCM hanya 70 orang. KTA-nya pun hitam putih, maklum hanya dengan printer sederhana. Tanpa filosofi, tanpa foto dan dua sisi kertas bolak-baliknya direkatkan dengan lem sederhana.






Tapi itu tak bertahan lama, dalam 3 bulan, dengan modal patungan, SFCM bisa dapat printer warna, otomatis KTA berubah menjadi berwarna. Walau juga telah dilengkapi nomor anggota dan foto, dua sisi bolak-baliknya masih direkatkan dengan lem kertas, KTA pun masih tanpa filosofi .





Sekitar tahun 2000, format KTA berubah berwarna dengan sistem sablon. Meski demikian, kualitasnya masih sederhana. Akibatnya, apabila tinta habis dan harus membuat campuran tinta baru, sudah bisa dipastikan hasil cetaknya akan berbeda dengan yang sebelumnya.

Telah dilengkapi nomor anggota dan foto. KTA kami akhirnya memiliki "filosofi", bukan hanya sekedar gambar dan tulisan yang tanpa makna.


Awal tahun 2005, format KTA kertas berubah ke ID Card, berbahan mika (pvc), hingga sekarang.







  • FILOSOFI KTA (sejak 1998)














a.Tulisan:

Slank Fans Club

Sebagai wadah bagi anggota.

Arek-Arek Malang
KTA yang di keluarkan dan berlaku untuk wilayah Malang Raya.

Anti Anjing
Kami tidak menyukai dan bukan termasuk orang yang pada awalnya bersikap "pura-pura baik" tapi akhirnya diam-diam “menikam dari belakang”.

Anti Benalu
Kami tidak menyukai dan bukan termasuk orang yang hanya menjadi “benalu” atau parasit, menghisap, menggerogoti dan memanfaatkan orang lain secara negatif dan kemudian meninggalkannya sekarat atau bahkan "mati".

Moto
Semua menginginkan perbaikan, begitupun kami. Tapi kalau harus menggunakan kekerasan, jangan ajak kami. PISS! Semua persoalan dibicarakan dengan musyawarah dan kekeluargaan. Tapi, bukan berarti PISS itu tidak ada batasnya.


b.Warna:

Didominasi oleh warna biru.
Selain melambangkan “Generasi Biru” juga menjadi warna dasar Arema (Arek Malang) dan mewakili lambang "kebijaksanaan".

Hijau, kuning dan merah dengan batas yang naik turun.
Apapun latar belakang yang mendaftar sebagai anggota tidaklah dipersoalkan, bukan menjadi pertimbangan utama apakah diterima atau tidaknya ia sebagai anggota. Di kehidupan yang selalu "naik-turun", selagi ada sebuah wadah yang dapat digunakan sebagai kesempatan maju bersama, tidaklah tertutup perubahan untuk menjadi lebih baik.


c.Gambar:

Slank kupu-kupu
Dengan dasar kecil dan bagian atas yang besar, terbang kearah matahari. Berdasar pada setiap keindahan dan kehalusan budi pekerti, mencoba untuk membuka pikiran yang sempit menjadi lebih terbuka.

Matahari PISS dengan 8 lidah
Tetap semangat dengan dasar reformasi (album 8 Slank).

.........................................................................................................................................

PROGRAM KERJA

•Program umum I: Penggalangan Anggota (1997)
Penjualan dan konsentrasi lebih di alun-alun kota Malang. Sambil berjualan kami mencari anggota. Setelah diresmikan, dalam waktu kurang dari 5 bulan, anggota menjadi 300 orang.

•Program umum II: Pembagian Daerah (1998)
Pada tahun 1998, melihat alun-alun yang sudah tidak memungkinkan, apalagi sering dikejar-kejar Satpol PP soal kaki-lima, kita kembali ke sekretariat.

Dengan keadaan sekretariat yang pada akhirnya juga tidak memungkinkan (sempit) untuk mewadahi sekian banyak anggota, kemudian anggota di bagi per-wilayah. Munculah nama Pos Cabang (PC), yang minimal memiliki ketua dan bendahara.

Pada tahun 1998, PC yang ada di Malang Raya berjumlah 17. Saat itu, Surabaya, Mojokerto, Pasuruan dan Blitar juga termasuk dalam salah satu PC, walau akhirnya diresmikan untuk berdiri sendiri.

SFCM pindah alamat sekretariat ke Jl. Ranakah 12-14.

•Program umum III: Produksi dan Penjualan (1999)
Uang kas mulai berjalan, hanya Rp. 1.000,- (seribu rupiah) per bulan. Per bulan setiap PC hanya menyetor ke SFCM sebesar Rp. 500,- , sisanya adalah untuk operasional PC sendiri. Dengan demikian SFCM memiliki dana, PC juga.

Dana PC selain untuk operasional sehari-hari, adalah untuk produksi PC. Dan, apabila belum cukup, SFCM akan memberikan pinjaman dana yang harus dikembalikan untuk produksi SFCM sendiri dan PC lain.

•Program umum IV: Reformasi (2000)
Akhir tahun 2000 anggota SFCM telah mencapai 1.000 (seribu) orang, melihat perkembangan yang ada, diambil keputusan "Reformasi Total" dengan sebab, yaitu:
  • Kerja SFCM mulai tidak optimal
  • Kerja PC mengalami kemunduran
  • Besarnya jumlah anggota tetapi yang aktif hanya sebagian kecil
  • Uang Kas macet

Cara yang dilakukan:
  • Pembekuan PC dan uang kas (hingga sekarang)
  • Daftar Ulang
  • Orientasi Anggota per tahun
  • Pergantian Pengurus
  • KTA baru, sistem sablon-full collor-bolak-balik (konsep sampai saat ini)

•Program umum V: Peningkatan SDM (2001)
Pada tahun 2001, untuk meningkatkan SDM anggota dan produksi, dilakukan:
  • Pelatihan produksi (sablon, airbrush dan tato temporari)
  • Pelatihan komputer
  • Pelatihan Pers (media cetak dan elektronik/radio)
  • Kerjasama dengan radio

•Program umum V: Entertaiment (2004)
Produksi terus-menerus ternyata cukup membosankan, SFCM mencoba bidang lain sebagai sarana menghilangkan "sumpek" di tahun 2004, yaitu:
  • Kerja sama dengan Café sebagai wadah bermusik anggota (tanpa dibayar pun tidak masalah)
  • Kontrak dengan Sponsor sebagai home band di beberapa tempat (Café) yang mereka branding (akhirnya 3 band di kontrak)
  • Kerja sama dengan kampus-kampus untuk mengadakan event-events

•Program umum V: Perluasan Penjualan (2005)
SFCM mengambil kebijakan mencari tempat baru untuk peningkatan kehidupannya dengan melihat perkembangan:
  • Sekretariat
  • Jumlah anggota
  • Program produksi dan pelatihan
  • Program bermusik

Pada awal April 2005 SFCM pindah ke sebuah ruko berlantai 2, dengan titel tempat “Warslank Malang”. Di tempat ini dijalankan:
  • Sekretariat SFCM
  • Produksi dan Penjualan
  • Pelatihan
  • Café mini (warung lesehan)
  • Live musik

•Program umum V: Back to Ranakah dan Musyawarah Umum (2006)
Di ruko, walau bertahan hanya 1 tahun, ternyata banyak pelajaran yang dapat diambil hikmahnya, antara lain:
  • Kejelasan sistem kontrak yang harus “hitam di atas putih” (tertulis)
  • Plotting skedul (proker) yang lebih baik
  • Pembagian yang baik tentang kerja dan hasilnya
  • Kesiapan pindah tempat apabila kontrak selesai
Dengan keadaan tersebut, SFCM memutuskan untuk kembali ke Sekretariat lama, Jl. Ranakah 12-14. Tahun 2006 ini adalah tahun "pembenahan kembali" SFCM.

.........................................................................................................................................

ORIENTASI ANGGOTA (ORTA)

Orientasi Anggota (Orta) mungkin lebih akrab dikenal dengan istilah Ospek. Orta sendiri telah beberapa kali diadakan dan masing-masing memiliki target:
  • Orta I (2001), Reformasi dan Regenerasi Pengurus
  • Orta II (2002), Peningkatan SDM dan Regenerasi Pengurus
  • Orta III (2003), Peningkatan Fisik, mental dan Regenerasi Pengurus
  • Orta IV (2004), Lebih luas mengenalkan SFCM ke masyarakat tentang program kerja dan produksinya
Reaksi: 
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "KONSEPSI - KONSEPTUAL"

Search:

------------------------------------------------------------------

Slank Fans Club Malang (SFCM)

Slank Fans Club Malang (SFCM)

--- Berdiri: 9 NOPEMBER 1997 ---

------------------------------------------------------------------